Katarsis

Pernah nggak sih Kamu marah atau mengalami perubahan emosi yang begitu drastis? Misal Kamu lagi makan dan tiba-tiba Kamu ngelihat pacar Kamu lagi berduaan ama Dosen. Mungkin aja pacar Kamu lagi bimbingan dengan Dosen itu, tapi karena Kamu lagi PMS entah kenapa Kamu begitu mudah marah di hari itu.

Pernah ngerasa seperti itu? Lanjut baca.

Menurut teori Katarsis adalah peluapan emosional secara tiba-tiba atau klimaks yang mengkonstitusi perasaan yang meliputi kesedihan, kegembiraan atau perubahan ekstrim emosi sebagai hasil dari pengulangan, perbaikan dan pembaharuan dalam kehidupan.

Gimana? Udah ngerti belum? Saya juga nggak ngerti soalnya.

Gampangnya sih katarsis itu adalah penyaluran emosi. Jadi kalau misal Kamu lagi marah, cara pengalihan marah itu yang namanya katarsis. Banyak macamnya. Bisa dengan menulis, ngetwit, makan, atau mungkin marah-marahin pacar.

Tapi menurut Saya katarsis paling asik, efektif dan keren adalah memukul paku di papan dengan palu. Ya, agak ribet ya nyebutinnya. Simple-nya ya maku.

Dengan jenis katarsis ini, selain Kamu bisa ngeluarin emosi, Kamu juga bisa nyalurin bakat terpendam Kamu sebagai tukang. Dan kalau kamu lagi marah dan pergi ke tempat ini

Kamu bisa menjadi seperti Om di bawah ini dan mendapatkan uang.

Lumayan bisa buat beli es kopi mix. Kenapa harus kopi mix? Ya karena enak aja gitu.

Dan dari filosofi memaku ini, Kamu akan tersadarkan dan tak akan marah lagi. Seperti paku yang ditancapkan ke papan kayu. Meskipun paku tersebut sudah dicabut. Tetap akan terdapat begitu banyak lubang di dalam papan kayu. Sama halnya. Pada saat Kamu marah, pasti akan ada orang sekitarmu yang akan terluka. Dan meskipun Kamu sudah meminta maaf dan dimaafkan, tapi tetap aja akan berbekas di hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s