Aside

Catatan Kecil untuk Seorang Adik yang Berjiwa Besar

“Standing on the other shoes”. Kalimat yang kudapat dari kelas kuliah tadi.
Itu mungkin yang sekarang Kamu alami. Kamu berdiri di posisi dimana kakakmu ini dulu berdiri. Bedanya, posisimu sekarang agak jauh lebih sulit.
Bukannya mau melemahkan motivasimu, tapi justru sebaliknya. Mengingatkan kata paman Ben di film Spiderman, “Seiring kekuatan besar, terdapat amanah yang besar pula”.
Dengan amanah yang saat ini Kamu emban, tentu diiringi dengan kekuatan besar pula.
Kenapa judul tulisan ini dibumbui frasa “berjiwa besar”? Ya semata-mata karena itulah yang kulihat dari dirimu. Tak mudah berada di posisimu sekarang.
Seorang pemimpin akan selalu menjadi tumbal. Posisi pemimpin adalah posisi paling sepi di dunia ini. Hanya ada dirimu dan Tuhanmu.
Kuingatkan, beberapa orang di luar sana tak ingat bahwa jalan berorganisasi adalah pilihan. Beberapa sering angkuh, bahwa jalan organisasi atau kepanitiaan lah yang membutuhkan dirinya. Tapi asal Kamu tahu, justru merekalah yang membutuhkan jalan tersebut. Jalan itu sama sekali tak membutuhkan kita ataupun mereka. Ada atau pun tidaknya kita, sama sekali tak berpengaruh dengan keberadaan jalan tersebut.
Biarkan mereka yang tak tahu apa-apa terus mencemooh, menghakimi, menyudutkan. Karena Kamu punya Tuhan yang maha melihat dan maha mengetahui. Jangan sekali-kali cemoohan melemahkan semangatmu.
“Di jalan ini yang diperlukan adalah keikhlasan. Keikhlasan untuk berpikir lebih, keikhlasan untuk berkorban lebih, keikhlasan untuk disakiti lebih dan keikhlasan untuk berlapang dada lebih” begitu kata Seztifa Misyasyiwi.
Selamat malam dan selamat melanjutkan perjuangan. Nikmati prosesnya. Jika ada pujian yang datang, ia hanya akibat bukan tujuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s