Mengendarai Ketidakpastian

Berorganisasi layaknya balapan moto GP. Kita berpacu dengan waktu. Selalu bersaing dan mengusahakan yang terbaik untuk mencapai tujuan. Dalam balapan, yang dikendarai adalah motor. Benda roda dua yang penuh ketidakpastian dan untuk mengendarainya dibutuhkan keseimbangan. Organisasi pun, selalu ada ketidakpastian dan dibutuhkan keseimbangan untuk menghadapi tantangan. Kapan kita tancap gas, menekan rem, kapan berbelok adalah kunci mengendalikan motor menuju garis finish. Skill tersebut tentu harus dimiliki oleh setiap pembalap. Dalam hal ini yang dimaksud adalah tiap-tiap anggota organisasi.

Kemudian ada yang berkata ”pembalap itu dilahirkan”, tetapi adapula yang berkata ”pembalap itu dibentuk”. Tentu saja Saya memilih gabungan keduanya, ”pembalap itu dilahirkan dan dibentuk”. Jika kamu bukan anak dari Valentino Rossi dan kamu ingin menjadi pembalap, maka latihan lah. Tentu anak seorang Rossi pun tentu masih membutuhkan latihan. Nah, berorganisasi pun seperti itu. Kemampuan yang ada di hari ini adalah hasil latihan. Sebuah garis yang merupakan kumpulan titik yang disambungkan. Kumpulan-kumpulan pengalaman yang membentuk individu. Dari ujung garis pada hari ini pun kamu bisa membuat ujung garis lainnya, yaitu dengan menambah titik-titik baru, menambah pengalaman-pengalaman baru.

Mungkin terlalu bertele-tele, tapi yang ingin Saya sampaian adalah mari kita mulai melatih diri dalam berorganisasi mulai dari sekarang. Mari buat titik-titik tersebut mulai sekarang. Karena langkah utama untuk maju dalah dengan memulai. Sekian dan terima sayang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s