Aside

Aceh dan Budaya Ngopi

Day 9 of 365. Setelah mempersiapkan sekian lama, dimulai juga pengeksplorasian ke arah barat Indonesia. Banda Aceh. Tempat tulisan ini dibuat, tepat di atas permadani musholla seorang teman asli Aceh.
Aceh dan budaya Islam yang kuat tak bisa dipisahkan. Disini berlaku qanun atau hukum syariah. Jangan harap bisa jalan berduaan dengan lawan jenis dan bukan mahram di sini, kecuali kamu ingin kena “tilang” polisi syariah. Penerapan syariah Islam di Aceh ini benar-benar melindungi warganya dari hal yang buruk. Oiya, cerita selingan. Pusat kota Aceh mungkin satu-satunya pusat kota di Indonesia yang tak ikut berhura-hura merayakan tahun baru. Cakep kan?
Selain Islam yang kuat, satu hal yang unik adalah keberadaan warung kopi hampir di setiap sudut kota Banda Aceh. Geliat kehidupan malam Banda Aceh bisa tak seriuh kota-kota lainnya di negeri kita, tapi tidak dengan warung kopinya. Warung kopi disini besar, berfasilitas mumpuni. Bisa lah disejajarkan dengan tempat makan fast food franchise luar negeri. Bahkan bisa dipakai main futsal saking luasnya.
img_20140131214457_52ebb6e9cc38b

Ngopi seperti bernapas bagi warga Aceh. Seperti ada yang kurang jika hari tanpa kopi. Wajar saja warung kopi disini selalu ramai dan banyak yang buka 24 jam.
Selain masjid, warung kopi menjadi tempat nongkrong favorit. Mulai dari transaksi bisnis, nugas kuliah atau bahkan sekadar ngubrul-ngubrul lucu semua dilakukan sambil ngupi-ngupi. Di hari pertama ini pun saya mendapat kesempatan merasakan kopi Aceh yang memiliki cita rasa khas. “Mangat that!” kalau kata oramg Aceh. Teman-teman yang berkunjung ke Aceh sangat harus mencicipi kopi Aceh. Belum ke Aceh kalau belum ngopi. Oke? Sip! Aceh menunggu kedatangan kalian.

dhapu-kupi
Sampai jumpa. Makaseh beh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s