Aside

Assalamualaykum Aceh

IMG-20150102-WA0009

Bukan. Ini bukan kisah cinta seperti salah satu film Indonesia ter-hitz belakangan ini.

Jadi ceritanya begini. Siang itu setelah sholat dhuhur, kami melihat ada lapangan futsal dekat asrama Unsyiah. Saya beserta dua teman hendak mencari tahu info mengenai harga sewa lapangan tersebut untuk dipakai main bola di sore harinya.

Dari masjid kita berjalan kaki, saya di belakang dan di depan ada dua teman. Mereka masuk dan tampak sudah mulai berbicara dengan penjaga seoorang bapak yang masih muda. Tapi ada yang aneh. Iya, saat itu saya tak ikut masuk. Saya berdiri di depan pintu saja. Jadi saya tak begitu tahu apa yang mereka bicarakan. Namun dari raut wajah bapak tadi, ada sesuatu yang membuatnya tidak senang. Kemudian dua teman saya tadi terlihat benar-benar meminta maaf berulang kali.

Usut punya usut ternyata dua teman saya tadi masuk langsung bertanya pada penjaga tanpa salam.

“Wah!”, reaksi saya ketika mendengarkannya. Sesuatu yang sangat sederhana dalam Islam, yang sering kali kita luput ternyata di Aceh sini benar-benar dipegang kuat. Setelah kejadian tersebut, dari teman lain yang asli Aceh pun mengatakan kalau tiap bertemu orang di Aceh harus menyapa dengan salam.

Agak menusuk mungkin di hati kedua teman saya tadi. Tapi semua hal terjadi karena suatu alasan. Kejadian tersebut menjadi pelajaran sederhana namun sangat berharga bagi kami yamg baru beberapa jam mendarat di Aceh.

Kepada semua saudara seiman, di manapun, kapanpun saat bertemu orang budayakan Salam. Aceh, kembali memberi kami pelajaran. Terima kasih Aceh. Terima kasih Allah, memberikan kami kesempatan belajar di belahan bumi mu yang lain.

Sampai jumpa, Assalamu alaykum warohmatullahi wa barokatuh.

Leave a Reply

