Aside

Aceh dan Keramahtamahannya

IMG_1816-650x420

Ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di tanah Serambi Mekkah dan orang Aceh benar-benar bisa memberikan first impression yang mengesankan bagi saya. Bahkan jauh sebelum berangkat ke Aceh.

Pertama, seorang teman sesama mahasiswa Psikologi Unsyiah, Ferry. Di suatu siang di saat saya memang sedang ingin mencari kontaknya, dia tiba-tiba sudah menghubungi saya. Dia menanyakan kapan ke Aceh dan sudah langsung menawarkan penjemputan dan tempat menginap. Padahal saya dan Ferry baru sekali berjumpa di Jogja saat Rakornas Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia, dan bahkan hanya beberapa menit.

Kedua, seorang bapak asli Aceh sesama penumpang pesawat. Kami baru berkenalan di atas pesawat di bandara Kualanamu, Medan. Obrolan kami begitu cair seperti bukan orang baru pertama kali bertemu. Hingga moment of silence yang sering saya rasakan saat pesawat take off di landasan pacu sudah tidak ada lagi. Asyik dengan obrolan. Perjalanan satu jam ke Aceh terasa hanya sekejap.

Ketiga, teman-teman Unsyiah yang benar-benar membantu semua keperluan kami di Aceh.

Keempat, pak Keucik kampung Batee Shok tempat KKN kami, beserta keluarganya. Mereka sangat ramah. Oiya, Keucik itu adalah sebutan kepala desa atau Lurah di Aceh. Kami disambut dengan makan besar di rumah beliau. Anak-anak gadisnya menyiapkan piring, sendok dan memberikannya kepada kami yang mengantri makan di teras rumah. Menu-menu khas Aceh terhidang di atas meja. Ada ikan kemamah atau ikan kayu, ikan yang dikeringkan sehingga teksturnya agak keras. Daging rendang dan sayur Aceh.

Kelima, para nelayan depan meunasah (masjid) kita tinggal. Meski tak terlalu bisa berbahasa Indonesia tapi mereka berusaha mengajak kami berbicara dan menjelaskan mengenai Hukom Adat Melaut di Pria Laot. Pria Laot adalah nama pantai kami tinggal.

Dan banyak lagi kejadian yang benar-benar menunjukkan Aceh dan keramahtamahannya.

Terima kasih bumi rencong. Selamat malam, assalamu alaykum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s