Aside

Kerajaan Bawah Laut Iboih

Pantai Iboih

Pantai Iboih

Agak sayang sebenarnya saya menulis hal ini. Karena dengan menulis ini, membuat para pembaca makin penasaran kemudian memutuskan untuk ikut berwisata ke pulau Weh. Bukannya tak ingin industri pariwisata menjadi maju. Namun yang saya khawatirkan adalah tangan-tangan dam individu-individu jahil lah yang terundang ke pulau Weh dengan tulisan saya. Dan karena ulahnya bisa membuat pulau Weh kehilangan keindahannya. Tapi karena saya menganggap para pembaca tulisan ini adalah pribadi yang bertanggung jawab dan mencintai alam, maka akhirnya saya memutuskan mem-publish tulisan ini.

Pulau Weh adalah salah satu pulau di wilayah administrasi Sabang. Pulau ini terkenal dengan pantai-pantainya. Salah satu yang paling cakep? Ya Iboih. Kamu bisa menikmati pasir pantai yang putih dan bisa berenang bersama ikan-ikan laut yang mencari makan di karang-karang. Jaraknya sekitar 30 Km dari kota Sabang. Transportasi ke sana bisa dengan menyewa motor atau mobil. Jalannya? Cukup mudah. Tak usah khawatir akan kesasar, plang penunjuk jalan selalu siap memandu.

Sesampainya di tepi Iboih, kamu akan disajikan pemandangan air laut jernih berwarna biru muda cenderung hijau. Ada banyak jasa penyewaan alat snorkeling, tinggal pilih. Cukup dengan Rp 40.000 kamu sudah bisa mendapatkan satu set alat snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut yang asoy. Oiya, dengan harga tersebut kamu bisa meminjamnya seharian penuh! Sampai kulitmu gosong.

Pengalaman snorkeling di Iboih adalah pengalaman tak terlupakan. Ini adalah momen saya bisa melihat aneka ragam ikan dengan dekat selain di akuarium Taman Pintar Yogyakarta. Dan tak perlu berenang terlalu jauh dari garis pantai. Cukup beberapa meter kamu sudah bisa menjumpai gerombolan ikan yang mencari makan.

Satu lagi. Meskipun cenderung lebih bebas dibanding Banda Aceh, namun Sabang tetaplah bagian dari Aceh. Jadi, di sini kamu tetap harus menjaga kesopanan. Bagi wanita tak boleh menggunakan bikini atau pakaian renang terbuka.

Dan jika waktumu cukup, kamu bisa melanjutkan petualangan menyeberang ke pulau Rubiah yang jaraknya tak seberapa dengan perahu sewa. Dari atas perahu pun kamu tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut melalui panel kaca di dasar kapal. Dan jika kamu adalah petualang sejati, kamu bisa mencoba berenang dari tepi Iboih ke pulau Rubiah. Asyik kan?

Sayangnya saya tak punya kamera bawah air untuk mengabadikan momen bersama para ikan di bawah laut.

Sekian tulisan kali ini, assalamualaykum wa rohmatullahi wa barokatuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s