Taman Putroe Phang.

Karena saya masih di Banda Aceh, sayapun tak mau menyia-nyiakan waktu. Bersama dua kawan dari ILMPI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) wilayah Aceh yaitu kak Ira dan Ulfa. Mereka lebih tepat saya sebut dengan duta wisata ILMPI wilayah Aceh. Hehe. Karena bersama mereka saya diajak mengelilingi dan mengenal keindahan Aceh, meskipun hanya di sekitaran Banda Aceh. Pada hari itu giliran Taman Putroe Phang yang menjadi destinasi kami.

DSCF9470

 

Alkisah Sultan Iskandar Muda adalah pria yang romantis. Taman ini dibangun olehnya di tahun 1607-1636 atas permintaan Putroe Phang (Putri Kamaliah) permaisuri Sultan Iskandar Muda yang berasal dari Kerajaan Pahang. Taman ini dibangun karena Sultan sangat mencintai permaisurinya sehingga sang permaisuri tidak kesepian bila ditinggal Sultan.

Di dalam Taman Putroe Phang terdapat Pintoe Khop merupakan pintu yang menghubungkan istana (Meuligoe) dengan Taman Putroe Phang yang berbentuk kubah. Pintoe Khop ini merupakan tempat beristirahat Putroe Phang, setelah lelah berenang, letaknya tidak jauh dari Gunongan, di sanalah dayang-dayang membasuh rambut sang permaisuri. Di sana juga terdapat kolam untuk sang permaisuri keramas dan mandi bunga.

Banda Aceh sangat komplit. Cukup dengan berkeliling kota saja kamu sudah bisa menikmati banyak hal. Wisata kuliner, kesenian, rohani hingga wisata sejarah. Nantikan di postingan-postingan berikutnya.

#PutroePhang #PintoeKhop #ILoveAceh #VisitAceh #ExploreIndonesia #PesonaIndonesia

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta

 

 

 

DSCF9450

DSCF9442

DSCF9448

Duta Pariwisata ILMPI. Ulfa dan Kak Ira :))

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s