Menikmati Proses

image

Sunrise hanyalah proses terbitnya matahari di ufuk timur. Namun sungguh untuk menikmati proses tersebut kita harus berproses. Bayangkan banyak orang yang harus naik ke tempat tinggi seperti gunung, mendaki berhari-hari hanya untuk menikmati sunrise. Padahal “hasil”nya dengan mudah kita jumpai, di warung saat sarapan, di sela-sela jam istirahat kampus ataupun bahkan saat bangun kesiangan.

Seandainya bisa, aku ingin orang-orang melihat semua hal di dunia ini seperti melihat matahari terbit. Tak melulu kita mengejar hasil tapi lebih kepada bagaimana menikmati proses menuju hasil.

Alkisah saat Ujian Nasional Sekolah Dasar di negeri antah berantah. Ada seorang guru yang sebelum memulai ujian ia masuk ke kelas dan memerintahkan muridnya agar saling bantu dalam ujian.

“Kalian semua adalah teman”, ujarnya saat itu dan diamini para siswa yang cemas tak lulus ujian. Setelah itu ia keluar, pengawas masuk dan ujian dimulai.

Para siswa selamat dari Ujian Nasional tersebut. Namun tanpa sadar mereka diajari untuk mengejar hasil dengan tidak menghiraukan 6 tahun berproses di Sekolah Dasar.

Betapa banyak di antara kita yang tak menikmati proses. Berusaha menggunakan jalan pintas untuk mencapai tujuan. Menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh hasil.

Tak sepenuhnya kesalahan individu. Seringkali lingkungan yang memaksa manusia berbuat seperti demikian. “Kamu harus sukses bagaimana pun caranya” sukses membuat kita semua tidak sukses.

Mohon maaf untuk guru SD negeri antah berantah. Kisahmu menjadi bagian tulisanku, karena aku menjadi bagian dalam kisah tersebut. Semoga bisa menjadi pembelajaran.

Selamat berproses. Mari menikmati proses untuk siapapun kamu yang di sana.

Dari diri yang masih harus banyak menikmati proses.
Ahmad Shofwan Muis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s