Galau

Hujan dan tiba-tiba pemutar musik mobil memainkan suara berceritanya dokter Fina feat Kurniawan Gunadi. Mendadak suasana berubah. Terutama alam pikirku.

image

Aku begitu suka akan suatu perasaan yang sering disebut orang-orang dengan galau. Saat galau, apapun di sekitarmu entah itu musik, angin berhembus, hujan yang turun hingga benda yang terjatuh serasa semua berkonspirasi untuk mendukung keadaan hatimu.

Daftar putar bahkan menjelma menjadi sahabat baik. Ia seolah memainkan musik yang tepat buatmu. Kenangan yang membersamai suatu lagu mendadak muncul. Bukan tentang lirik. Namun tentang suatu peristiwa yang terjadi saat lagu tersebut pernah dimainkan. Reka ulang adegan masa lalu muncul di depan mata dengan jelasnya. Sejelas menonton di bioskop komersil yang ada di mall-mall. Rasa-rasanya tak perlu menunggu menjadi presiden agar kisah hidupmu sendiri difilmkan dan menontonnya.

Aku begitu suka akan pemikiran-pemikiran ke alam masa depanku ketika galau. Seolah-olah rencana yang kubuat tersebut adalah suatu rencana yang akan menyelamatkan dunia. Ya mungkin benar. Setidaknya menyelamatkan duniaku. Dunia dimana aku yang menjadi pemeran utama yang lain hanya ngontrak dan menjadi figuran.

Aku begitu suka akan do’a-do’a yang kupanjatkan ketika galau. Untuk meminta kepada sang pemilik segala saja berasa aku sedang membuat puisi. Padahal membuat puisi adalah hal yang paling tak bisa kulakukan.

Aku begitu suka akan galau tentang masa lalu. Membuatku seolah menarik diri ke belakang untuk kemudian melesat lebih jauh ke depan. Seperti anak panah.

Aku begitu suka akan galau, hujan dan kamu.

Dari seorang yang sedang menikmati hujan kota Solo
Ahmad Shofwan Muis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s