Mengetahui Alasan Terjadinya sebuah Peristiwa

​Seringkali kita hanya melihat sesuatu dari permukan. Seperti menjadi bencinya Cinta kepada Rangga yang dengan tanpa babibu tiba-tiba meninggalkannya. Barulah setelah sekian purnama, Cinta mengetahui bahwa menghilangnya Rangga bukanlah keinginan dia semata, tapi lebih karena perintah dari ayah Cinta.


Terkadang mengetahui alasan terjadinya suatu kejadian menjadi bagian yang sangat penting melebihi kejadian itu sendiri. Dengannya kita bisa lebih mengetahui apa sebenarnya isi kepala dan hati dari pelaku suatu peristiwa terhadap diri kita. Dengannya kita bisa belajar memaafkan. Dengannya kita bisa makin mencintai.

Seperti seorang lelaki yang mencintai wanitanya dan dengan tiba-tiba menghilang tanpa memberi kabar. Sang wanita tentu bertanya ada apa gerangan. Setelah beberapa mentari, sang lelaki kembali dan ternyata langsung mendatangi ayah sang wanita. Tanpa memahami alasan di balik terjadinya suatu peristiwa, sudah pasti tak akan ada kata maaf yang terlontar. Dengan memahami alasan di balik terjadinya suatu peristiwa, sudah pasti sang wanita akan semakin cinta kepada lelakinya.

Oke, hubungan cinta tak melulu antara lelaki dan wanita.

Seperti seorang anak yang dalam perantauan berpikiran bahwa orangtuanya yang keras tak lagi sayang padanya, buktinya dia dikirim jauh dari kedua orangtua. Dia beranggapan orangtuanya berhutang beribu maaf padanya karena mengirimnya jauh. Namun ternyata setelah melewati beberapa Ramadhan barulah sang anak menyadari alasan di balik sebuah peristiwa. Di titik tersebut bukan lagi sekadar maaf yang dia sediakan untuk orangtuanya, justru dia yang ingin melontarkan berjuta maaf. Dengan memahami alasan di balik sebuah peristiwa, kecintaan pada orangtuanya meningkat berkali-kali lipat.
Kepada aku, kamu, kita yang saat ini sedang dalam perasaan benci, sedang tidak suka kepada seseorang karena suatu peristiwa. Sungguh selalu ada alasan di balik suatu peristiwa. Meski berat, atau terkadang tak begitu jelas, alasan tersebut selalu ada. Mari kita pahami alasan terjadinya sebuah peristiwa. Mengetahui alasan terjadinya sebuah peristiwa bisa membuat kita berdamai dengan orang lain dan juga tentu dengan diri kita sendiri.
Selamat malam menyambut pagi.

Ahmad Shofwan Muis

Lagi flu berat

Advertisements

2 thoughts on “Mengetahui Alasan Terjadinya sebuah Peristiwa

    • Jadi sebelum flu, emang lagi aktif-aktifnya bolak-balik Solo-Tawangmangu (semacam Puncak-nya kalau di Solo). Tiga kali dalam seminggu dan kehujanan. Lantas tubuh meminta haknya untuk beristirahat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s