​Orang Kangen adalah Orang Teraneh Sedunia

“Ayah, Rana mau cerita. Temen Rana tadi ada yang dihukum bu guru karena nggak ngerjain PR. Terus pas ditanyain kenapa gak ngerjain tugas, dia langsung nunduk terus nangis.”
“Lho kenapa menangis? Bu gurunya Rana emang galak ya?” tanya ayah dengan penasaran sembari menundukkan kepala ke arah Rana.

“Nggak kok. Terus terus dia jawab lagi, Yah. Dia gak ngerjain PR karena ibunya keluar kota terus dia gak mau ngerjain apa-apa termasuk PR. Aneh ya dia? Padahal kan bisa minta tolong ngerjain ama ayahnya,” ketus Rana dengan melipat kedua tangannya di dada.

“Rana. Mungkin temen Rana lagi kangen ama ibunya.”

“Masa sih, Yah?”

“Rana tahu nggak, orang kangen itu adalah orang teraneh sedunia. Kesehariannya yang normal tiba-tiba menjadi tidak normal lagi, seperti ada yang hilang dari dirinya, entah itu kebiasaan ngobrol dan tiba-tiba gak bisa ngobrol bareng, biasanya ada yang bantuin kemudian gak ada yang bantuin. Saking anehnya orang yang kangen, dia gak mau ngapa-ngapain selain mikirin yang dikangenin. Jangankan menukar sebuah tugas, mungkin kalau bisa oksigen pun akan dia tukar agar bisa bertemu dengan yang dikangenin. Aneh kan?” jelas Ayah sembari bercanda dia pun tak yakin anaknya akan mengerti pada penjelasannya atau tidak.

“Hah? Masa sih ampe segitunya?” Rana berusaha mencari tahu.

“Karena ayah pernah menjadi orang teraneh sedunia,” ayah tersenyum dan kembali melemparkan pandangannya ke hamparan sawah yang ada di depan rumah.

Para lelaki memang makhluk yang paling aneh apalagi di saat kangen. Baik anak lelaki maupun lelaki yang besar, sama saja. Bedanya anak lelaki mungkin masih bingung dengan perasaan apa yang dia rasakan, sedang lelaki yang besar mengerti betul perasaan apa yang dia rasakan hanya sering kali dia gengsi mengakuinya.

“Hayooo lagi ngobrolin apa?” Mama memecah keheningan. Dia keluar menuju teras rumah membawa teh hangat di poci lengkap dengan tiga cangkir kecil. Langkahnya terdengar jelas melalui derit-derit lantai rumah yang terbuat dari kayu.

Ayah memberi kode tutup mulut kepada Rana agar tak menceritakan obrolan mereka. Sejurus kemudian pandangannya beralih ke langit. Pikirannya mengelana jauh, siapakah lelaki yang kelak pantas dibuat pusing karena kangen kepada anaknya yang paling manis ini?

—————————————————————-

Dengan sedikit lirih yang menulis tulisan ini berkata… “Memang butuh ada yang pergi sejenak agar kita tahu bahwa ada bagian diri kita yang hilang.”

Advertisements

2 thoughts on “​Orang Kangen adalah Orang Teraneh Sedunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s