Saat tepat Memetik Edelweis di Gunung

Edelweis banyak dikagumi orang-orang karena julukannya sebagai bunga abadi. Yap, edelweis ini punya suatu hormon pencegah kerontokan bunga yang membuatnya selalu mekar meski sudah dipetik.

Kapan sih saat tepat memetik bunga abadi Edelweis ini?

Ada yang bilang bunga Edelweiss mekar atau berbunga saat musim hujan telah berakhir, sehingga pancaran matahari maksimal menerpa. Nah jadi, saat yang tepat memetik bunga abadi ini adalah:

1. Tidak ada.

Tidak ada waktu yang tepat untuk memetik Edelweis karena memang sebaiknya ia tetap berada di tempatnya. Di atas ketinggian 2000mdpl. Edelweis bukan untuk dipetik. Edelweis menjadi pembayar lelah para pendaki di gunung-gunung, bukan untuk dibawa pulang.

Sekian artikel tips & trick dari saya.

Advertisements

Rahasia Rambut Indah: Cukup dengan Air Wudhu?

Yaa ampuuun baday banget sih rambutnyaaa kak.. Duh pengen deh punya rambut kayak gitu. Kok bisa sih rambutnya lurus banget? Waduh duta iklan shampoo ya? Tukeran rambut yuk kak…
Kalimat-kalimat yang sering dilontarkan kepada seorang Shofwan beberapa bulan terakhir ini dan uniknya rata-rata dari para cewek.

Tulisan ini adalah jawaban dari segala pertanyaan yang biasanya cuma saya jawab dengan senyum dan ucapan “Iya alhamdulillah nih hehe.”


Rahasia rambut indah:

1. Air Wudhu

Kita para muslim sudah disediakan cara alami untuk menjaga keindahan rambut! Iyap, lima kali dalam sehari. Dari sebelum fajar terbit hingga sebelum menuju pembaringan. Air wudhu itu penting. Saya gak lagi bercanda. Air wudhu berguna menjaga kelembaban rambut. Bisa menyegarkan kulit kepala, membersihkan ramhut dari sedikit debu yang menempel dan ya tadi bikin kepala adem di saat aktivitas padat di tengah terik matahari. Ini penting buat pertumbuhan rambut.

2. Shampoo-an itu baik, tapi jangan terlalu sering.

Terkadang memang banuak di antara kita yang keramas setiap hari. Biar segar. Apalagi setelah berpanas-panas di bawah terik matahari seharian. Tapi ternyata, kepala kita itu mengeluarkan minyak alami yang sangat baik untuk rambut. Dan terlalu sering keramas tentu akan menghilangkan minyak alami ini. Sebisa mungkin atur jadwal keramas, hindari keramas dua kali dalam sehari. Rambut bisa kaku karena kehilangan minyak alaminya. Kalau saya sendiri antara 2-3 hari sekali. Tapi kalau habis olahraga (futsal atau jogging) biasanya langsung keramas. Atau begitu balik dari naik gunung (ya iyalah)


Dan FYI aja nih, saya paling cinta dengan rambut dua hari setelah keramas. Kenapa? Asik aja. Rambutnya bisa nurut pas diatur dan gak terlalu ke mana-mana. Iya karena rambut saya terlalu halus, bahkan kata beberapa teman kayak rambut bayi :(


3. Padukan produk perawatan rambutmu dengan berdo’a yang terbaik.

Mau sebagus dan semahal apapun produk hair treatment yang kamu gunakan tak akan begitu berpengaruh dengan perrumbuhan rambutmu jika tak diiringi dengan do’a. Ini adalah salah satu bagian dari Law of Attraction. Pertama, kamu memantaskan diri memiliki rambut indah dengan melakukan perawatan. Dua, kamu membayangkan, meminta dan seolah-olah merasakan memiliki rambut yang indah melalui berdo’a. Dengan LOA ini, dunia ini seolah katalog penuh wish list yang dengannya kamu tinggal memilih apa yang kamu inginkan, dan semesta membantumu untuk meraihnya. Ini serius guys. Sudah berkali-kali saya gunakan, gak cuma masalah rambut. Kalau mau tahu lebih banyak tentang Law of Attraction, boleh baca buku the Secret. Atau juga banyak video penjelasannya di Youtube.

Khusus buat rambut saya, saya gunakan shampoo Pantene “Long Black”, dipadu dengan conditioner. Conditionernya juga dari Pantene. Kamu bisa memilih varian sesuai rambutmu ingin seperti apa setelah keramas. Nature Care Fullnes and Life yang mengandung ekstrak Avocado kalau rambutnya mau lebih terlihat padat berisi. Pakai Silky Smooth jika ingin rambut selembut sutra. (Video kibasan rambut yang ada di Instagram saya itu hasil sebulan pakai Silky Smooth). Kemudian ada Aqua Pure yang punya pelembab ekstra, dan tekhnologi Clean Rinse. Bisa membersihkan rambutmu dalam hitungan detik tanpa meninggalkan residu dan rambut akan terasa ringan. (Cocok buat kamu yang suka kibas-kibas rambut dan mungkin sering pakai pomade). Dan varian “Long Black” jika ingin menghitamkan dan melembabkan rambut. Masih banyak varian kondisioner sesuai dengan kebutuhan rambut yang disediakan oleh Pantene. Saya cuma pernah pakai beberapa tadi. Sisanya bisa kamu lihat di website resmi Pantene.


Dan terakhir, senjata rahasia saya. Shampoo kuda “Mane n Tail”. Harganya memang agak manteb, tapi hasilnya juga manteb! Ada harga ada rupa kalau kata-kata orang toko. Dengan shampoo ini, saya mencatat mungkin sekitar 2,5 cm per bulan. Dan hanya dalam waktu empat bulan, rambutnya sudah bisa diikat (dari model rambut undercut di bulan Maret akhir). Buat varian dan harga shampoo “Mane n Tail” mungkin akan saya review di postingan yang lain.


4. Lindungi rambutmu dari jahatnya terik matahari.

Khususon para ukhti, kamu sudah punya satu modal bagus untuk memiliki rambut indah. Yap! Kerudung atau jilbab yang kamu gunakan sehari-hari itu adalah pelindung mahkota yaitu rambut. Panasnya sinar matahari di siang hari bisa memberikan efek buruk pada rambut. Sehingga sebisa mungkin lindungi rambutmu.

5. Rahasia terakhir adalah tidak ada rahasia.

Yak, jangan kecewa gitu dong haha. Tapi serius. Rambut saya ya kayaknya emang gak ada rahasia, selain mungkin emang dari sananya seperti ini.

Padahal dulunya suka pakai pomade yang notabene kurang sehat buat rambut, karena hair product tersebut bisa meninggalkan residu jika tak dibersihkan dengan baik.


Terakhir, saya ingin mengajak ukhti fillah yang membaca tulisan ini untuk menysukuri yang diberikan Allah pada kita. Entah itu rambut dengan tipikal seperti apapun. Kalau kita sadari, ada banyak saudara-saudara kita yang jangankan berkeinginan memiliki rambut indah, untuk bertahan hidup saja mereka harus berjuang. Bahkan mereka masih kecil, seusia dengan adik-adik kita di rumah. Tapi mereka sedang tak di rumah. Mereka berjuang menghadapi sel kanker dengan sakitnya kemotherapi setiap hari. Dan mereka singgah sebentar di ruang bermain Maya Ananta RS. Moewardi untuk sejenak melupakan bebannya. Untuk mengakhiri tulisan ini, do’a teriring buat para adik-adik pejuang mimpi di ruang bermain Maya Ananta.

Mohon maaf jika dalam tulisan ini terlalu banyak foto potret diri saya.

Tabik.

Ahmad Shofwan Muis

Cara Nyepik Ukuran Sepatu Cewek

3788420_e9964f28-ca3a-11e3-9247-4c8d4908a8c2

Cewek diciptakan menjadi makhluk auditori yang takluk dengan perkataan. Berbeda dengan cowok, si makhluk visual yang takluk oleh pandangan.

Ingin memberikan kejutan sepasang alas kaki baru untuk seorang cewek yang kamu kagumi tapi nggak tau ukuran kakinya? Kuberitahu cara nyepik cewek tersebut dan memecahkan masalah tadi.

Pertama-tama umpetin sendalnya. Ketika dia sedang kebingungan mencari sendal, munculkan dirimu seolah seorang pahlawan. Pura-pura tanyakan apa yang terjadi dan kenapa dia tampak bingung. Begitu dia sudah tampak putus asa, pasang senyum ke arahnya, membungkuk lah, ambil sendalmu dan tawarkan padanya.
“Nih, pake sendalku dulu aja. Jelek sih, tapi ya dari pada nyeker kan?”.
Dan biasanya cewek akan pura-pura nolak.
“Ah yang bener nih? Gak enak ah ama kamu. Kamu pulangnya gimana?”.
Nah kalau dia sudah begitu, saatnya keluarkan jurus kedua.
“Ah nggak papa kok. Emang tugas cowok kan gitu. Lagian aku seneng ngebantu kamu”.

Kemudian kalian jalan kaki bareng ke rumahnya, dia di depan dan kamu di belakang. Eh bentar, ini kayak anak SD pulang sekolah ya ngomong-ngomong? Ah bodo. Ayo lanjut.

Ketika dia jalan di depanmu, perhatikan langkahnya. Apakah ia terlihat nyaman menggunakan sendalmu? Kalau nyaman, selesai masalah. Katakan “Wah, ukuran kaki kamu xxxx ya? Sama banget ya kita. Jangan-jangan kita….. Hehehe”.
Kalau tidak nyaman katakan “Kenapa? Kegedean ya sendalnya? Ukuran kaki kamu berapa emangnya”.
Di bagian sini kamu harus dengan penuh penghayatan jika ingin berhasil.
Jika kamu melakukannya dengan baik Voila!!! Ukuran kaki doi sudah di tanganmu. Berikutnya tanyakan “Menurut kamu cantikan mana sih cewek yang make wedges atau flatshoes?”.
Kalau yang ini adalah pertanyaan lanjutan untuk membantumu mencari tahu sebenarnya alas kaki seperti apa yang dia sukai.

Nah sekian tips nyepik dari saya. Jika kamu menanyakan apakah ini berhasil? Jawabannya mungkin. Karena ini adalah cara ribetnya. Saya sendiri langsung ngintip nomor yang ada di flatshoes-nya doi. Haha.

Merasa tertipu? Selamat.
Bhay!!!