Aside

Tahukah kau bahwa langit itu sangat luas? Bahkan lebih luas dari laut biru di pantai yang kamu suka.

Tapi ada yang lebih luas, yaitu hati yang ikhlas.

Advertisements
Aside

Potensi Pariwisata Gampong Batee Shok

Gampong Batee Shok
Letaknya sekitar 8 km dari kota Sabang. Letaknya bagian tengah pulau Weh. Daerah ini berbatasan langsng dengan Paya Seunara dan Iboih. Jika ingin pergi ke Paya, Keuneukai maupun Iboih kamu sudah pasti melalui daerah ini. Daerah ini termasuk gampong yang luas dibanding gampong lainnya di Sabang. Terdapat lima Jurong. Alue Jaya, Alue Jaba, Pria Laot, Batee Shok Ateu dan Serui. Kabar gembira untuk kamu yang tak bisa berbahasa Aceh, warga di sini rata-rata fasih berbahasa Indonesia dan sangat terbuka dengan pendatang.

Batee Shok bisa jadi bukan tujuan utama para wisatawan di Sabang namun bukan berarti tak ada sesuatu yang menarik untuk dikunjungi di sini. Batee shok untuk potensi pariwisata cukup komplit. Ada waterboom, air terjun Pria Laot dan pantai pria laot.

1. Waterboom Pria Laot.

Ingin suasana berbeda di Sabang? Atau bosan merasakan pantai? Batee Shok tempatnya. Di jurong Pria Laot, ada waterboom.  Letaknya ptepat di pinggir jalan menuju Iboih. Fasilitas cukup lengkap, kolam, sarana bermain anak, tempat bilas, ganti baju, kafe kecil dan ruang karaoke keluarga. Buat kamu yang datang bersama keluarga, sempatkan mampir ke tempat ini. Dari kafe kecil di lantai dua pun kamu akan disuguhi pemandangan pantai pria laot dengan aktivitas para nelayannya yang bersiap untuk melaut.

DSCF4436

DSCF4440

DSCF4444

DSCF4447

DSCF4448

2. Air Terjun Pria Laot

Ingin berpetualang menyusuri sungai? Tak jauh dari waterboom, tepatnya di pertigaan meunasah ada jalan masuk menuju air terjun pria laot. Kita cukup berjalan kaki sekitar 1 km.

DSCF4433

Kamu akan melalui jalan setapak sejauh satu kilometer. Meskipun hanya satu kilometer, tapi siapkan dirimu, Karena jalan menuju air terjun pria laot ini akan menjadi satu kilometer terjauh dalam hidupmu. Kenapa? Karena sarana jalan banyak hancur dan hanyut terbawa air bah.

DSCF4537

DSCF4548

DSCF4552

Sejenak kamu akan kehilangan keyakinan, apakah kamu sedang di jalan yang benar atau tidak. Karena kamu tak kunjung sampai ke tempat tujuan. Kamu harus menyeberangi sungai dengan berpijak pada batu yang licin dan juga harus melewati batu-batu besar. Namun setelah melewati tantangan tersebut. Voila! Segugus surga tepat di jantung Batee Shok tersaji di depan matamu. Lelahnya perjalanan akan langsung terbayar lunas.

Di sini kamu bisa menghilangkan penat dan menyegarkan diri dengan berenang. Ingin menguji adrenalinmu? Coba lah melompat dari tebing yang ada di air terjun ini. Untuk kamu yang tak membawa baju ganti, foto-foto mengabadikan momen di air terjun ini pun sudah cukup sebenarnya.

Sayangnya di tempat ini belum ada sarana tempat ganti pakaian yang memadai. Tapi tenang saja, ada toilet yang bisa kamu gunakan di sini.

DSCF4582

DSCF4581

Yang terakhir ini mungkin yang paling segar. Hehehe. Oke lupakan.

3. Pantai Pria Laot

Ombak di pantai ini cukup tenang karena ada pemecah gelombang. Dari sini kamu bisa memandang lautan lepas dan melihat pulau Rubiah di seberang sana. Pantai ini dipenuhi perahu nelayan tradisional, dengan perahu khas Aceh. Dan jika kamu beruntung, kamu bisa diajak untuk ikut melaut bersama nelayan!

DSCF3942

DSCF3961

DSCF3960

DSCF3956

Oiya, saat ke sini kami bertemu dengan Panglima Laot atau ketua nelayan setempat. Beliau menjelaskan ke kami tentang Hukum Adat Melaut di tempat ini. Mereka menghormati alam melalui cara mereka sendiri. Mereka adalah bukti bahwa manusia bisa mensinergikan diri dengan alam. Sabang memang unik. Alam maupun kearifan lokalnya.

DSCF3969

Sebenarnya masih ada satu lagi. Yaitu warung kopi tepi pantai. Belum ke Aceh kalau belum menikmati kopi Aceh maupun kopi sanger, bukan? Kamu juga bisa memesan minuman lainnya seperti teh tarik maupun susu dingin. Selain kopi yang nikmat, kamu akan disuguhi pemandangan laut lepas dan pulau rubiah jauh di ujung sana.

DSCF4456

DSCF4206

 

 

Sampai jumpa Batee Shok.

Aside

Kasih Allah Melalui Banyak Jalan

Bismillahirrahmanirrahiim.
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
Dalam kalimat tersebut terdapat dua sifat Allah.

Pagi ini sarapan sudah siap di atas tikar sederhana kami di salah satu rumah di Gampong Batee Shok, Sabang. Namun begitu dibuka ternyata telur dadar sudah dikerubungi semut. Beruntungnya sarden yang pedas tak ikut dijarah mereka. Agak kecewa pada mulanya. Tapi di suap pertama saya tersadar. Apa yang terjadi pada kami pada pagi ini sudah menjadi keputusan Allah. Kami boleh saja tak memakan telur tersebut. Tapi di lain sisi, para semut mendapatkan rezeki mereka.

Allah selalu mengasihi semua makhluknya. Tak peduli agama, ras atau bahkan di luar manusia seperti kejadian pagi ini. Allah menunjukkan kasihnya melalui banyak jalan. Allah memberikan makan kepada para semut melalui keteledoran kami dalam menyimpan makanan.

Sebagai pembuka pagi, mari terus berjuang menggapai jalan-Nya.

Aside

Kerajaan Bawah Laut Iboih

Pantai Iboih

Pantai Iboih

Agak sayang sebenarnya saya menulis hal ini. Karena dengan menulis ini, membuat para pembaca makin penasaran kemudian memutuskan untuk ikut berwisata ke pulau Weh. Bukannya tak ingin industri pariwisata menjadi maju. Namun yang saya khawatirkan adalah tangan-tangan dam individu-individu jahil lah yang terundang ke pulau Weh dengan tulisan saya. Dan karena ulahnya bisa membuat pulau Weh kehilangan keindahannya. Tapi karena saya menganggap para pembaca tulisan ini adalah pribadi yang bertanggung jawab dan mencintai alam, maka akhirnya saya memutuskan mem-publish tulisan ini.

Pulau Weh adalah salah satu pulau di wilayah administrasi Sabang. Pulau ini terkenal dengan pantai-pantainya. Salah satu yang paling cakep? Ya Iboih. Kamu bisa menikmati pasir pantai yang putih dan bisa berenang bersama ikan-ikan laut yang mencari makan di karang-karang. Jaraknya sekitar 30 Km dari kota Sabang. Transportasi ke sana bisa dengan menyewa motor atau mobil. Jalannya? Cukup mudah. Tak usah khawatir akan kesasar, plang penunjuk jalan selalu siap memandu.

Sesampainya di tepi Iboih, kamu akan disajikan pemandangan air laut jernih berwarna biru muda cenderung hijau. Ada banyak jasa penyewaan alat snorkeling, tinggal pilih. Cukup dengan Rp 40.000 kamu sudah bisa mendapatkan satu set alat snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut yang asoy. Oiya, dengan harga tersebut kamu bisa meminjamnya seharian penuh! Sampai kulitmu gosong.

Pengalaman snorkeling di Iboih adalah pengalaman tak terlupakan. Ini adalah momen saya bisa melihat aneka ragam ikan dengan dekat selain di akuarium Taman Pintar Yogyakarta. Dan tak perlu berenang terlalu jauh dari garis pantai. Cukup beberapa meter kamu sudah bisa menjumpai gerombolan ikan yang mencari makan.

Satu lagi. Meskipun cenderung lebih bebas dibanding Banda Aceh, namun Sabang tetaplah bagian dari Aceh. Jadi, di sini kamu tetap harus menjaga kesopanan. Bagi wanita tak boleh menggunakan bikini atau pakaian renang terbuka.

Dan jika waktumu cukup, kamu bisa melanjutkan petualangan menyeberang ke pulau Rubiah yang jaraknya tak seberapa dengan perahu sewa. Dari atas perahu pun kamu tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut melalui panel kaca di dasar kapal. Dan jika kamu adalah petualang sejati, kamu bisa mencoba berenang dari tepi Iboih ke pulau Rubiah. Asyik kan?

Sayangnya saya tak punya kamera bawah air untuk mengabadikan momen bersama para ikan di bawah laut.

Sekian tulisan kali ini, assalamualaykum wa rohmatullahi wa barokatuh.